Sejarah dan Perkembangan Sepeda
Siapa yang tidak kenal dengan alat transportasi yang bernama
sepeda. Kendaraan yang memiliki dua atau tiga roda, setang kemudi, tempat
duduk, hingga pedal untuk menjalankannya. Belakangan banyak kita melihat
anak-anak muda mengendarainya di jalan raya, berwarna-warni. Jika kita
melihatnya secara seksama, maka ada satu persamaan pada sepeda yang mereka
kendarai. Yaitu, hanya menggunakan satu gear, dan tanpaadanya sistem rem.
Sepeda jenis ini begitu populer dan bernama fixie yang berasal dari kata fixed
gear atau gir mati. Berikut kita akan mengulas sejarah sepeda mulai dari awal
terciptanya sketsa rancangan awal sepeda hingga sampai sepeda modern yang ada
saat ini.
Sejarah
awal sepeda sepertinya masih sedikit membingungkan. Beberapa artikel merujuk
pada sebuah sketsa sepeda yg diakui buatan Gian Giacomo Caprotti, seorang murid
Leonardo Da Vinci pada sekitar tahun 1490an. Namun keotentikan sketsa ini masih
diragukan.hingga saat ini,sketsa yang diakui sebagai sketsa buatan Gian Giacomo
Caprotti murid dari Leonardo Da Vinci sebagai sketsa rancangan awal sepeda
masih diteliti oleh para ilmuwan dari pihak sejarah dan kebudayaan Italia di
Eropa
Masih
ada beberapa pengakuan lain tentang asal usul sepeda namun sepertinya
sampai saat ini, fakta kemunculan sepeda yg cukup diakui adalah pada tahun:
1817:
Draisienne
Seorang Jerman bernama Baron Karl
von Drais menciptakan Laufmaschine (mesin berlari), yangg kemudian dikenal
dengan nama Draisienne. Struktur Draisienne hampir seluruhnya terbuat dari
kayu, memiliki setang kemudi, namun tidak memiliki pedal untuk dikayuh. Pola
pergerakan Draisienne sama seperti saat menggunakan otopet ataupun skateboard,
yaitu menggunakan kaki yang mengayuh bukan ke pedal, tapi langsung ke tanah
(ingat mobil The Flinstones?). Von Drais mematenkan ciptaannya pada tahun 1818,
dan kemudian lebih dikenal lagi dengan nama Velocipede.
1839
Sepeda pertama yang memiliki
mekanisasi putaran roda diciptakan Kirkpatrick MacMillan, seorang pandai besi
dari Skotlandia. Teknik pergerakan roda pada sepeda ini hampir sama dengan
teknik pada lokomotif kereta uap. Ide MacMillan ini kemudian diimprovisasi oleh
seorang Skotlandia lain bernama Thomas McCall pada tahun 1860.
1860-1865:
Bone-Shaker
Pertama kali sistem Pedal dan Crank
diaplikasikan pada sepeda, persisnya pada roda depan. Siapa yang menciptakan
sistem ini masih menjadi pertanyaan, karena ada beberapa pihak yang mengajukan
klaim atas ide tersebut. Yang jelas, menempatkan pedal pada roda depan terbukti
bukan ide yang sempurna, karena akan membuat pengendara sulit mengemudi karena
goncangan pada roda akibat kayuhan. Rangka kayu kemudian digantikan oleh
besi. Namun dengan desain yang rigid, rangka & roda besi, serta
kondisi jalanan yang berbatu pada masa itu membuat sepeda ini dikenal dengan
nama Bone-Shaker.
1868
Sepeda pertama yg menggunakan ban
karet dan Ball-Bearing digunakan James Moore dalam lomba sepeda yang pertama
kali diadakan.
1870:
High-Wheeler
James Starley, seorang berkebangsaan
Perancis menciptakan sepeda pertama yg menggunakan roda depan yg sangat besar,
yang dikenal dengan nama Penny-Farthing.sepeda ini memiliki sistem kayuhan
dengan pedal yang tersambung pada roda depan dan tidak memungkinkan bagi
pengendaranya untuk berhenti mengayuh.apabila pengendara sepeda ini berhenti
mengayuh,otomatis sepeda juga akan berhenti berjalan.Penny-Farthing sebenarnya
adalah pengembangan lebih lanjut dari Bone-Shaker. Roda depan yang besar
membuat pengendara dapat berjalan lebih jauh untuk setiap rotasinya, dan juga
resiko yang besar apabila berhenti mendadak ataupun meluncur pada
turunan, karena posisi pengendara sepeda yang berada sangat tinggi
dan posisi kaki pengendara yang tersangkut dibawah stang kemudi membuat
banyaknya kejadian jatuhnya pengendara sepeda High-Wheeler dengan kepala
mendarat terlebih dahulu dibanding badan. Sepeda ini sangat populer pada tahun
1880an, dan merupakan sepeda pertama yg mendapat sebutan Bicycle (dua roda).
Bagaimanapun, yag menyandang nama Bapak Sepeda Tinggi (High Bicycle/High
Wheeler) justru seorang Perancis lain bernama Eugene Meyer, bukan Starley.
1874
: Safety Bike
Sepeda
pertama yg menggunakan rantai pada roda belakang diciptakan oleh H.J.
Lawson.disebut juga sebagai Safety Bike atau sepeda yang aman karena
pada sepeda ini,kaki pengendara sepeda dapat menyentuh permukaan tanah sehingga
lebih memudahkan pengendara sepeda untuk berhenti dan turun dari sepeda.berbeda
dengan jenis sepeda sebelumnya,pada Safety Bike ini pengendara sepeda
menggerakkan roda belakang sepeda dengan sistem kayuh yang mana menjauhkan kaki
pengendara sepeda dari roda depan sepeda sehingga akan lebih aman bagi
pengedara sepeda.
1878:
Portable Bicycle
W.H.J. Grout mematenkan High Wheeler
versi portable yang bisa dilipat dan membuat pengendaranya dapat membawa sepeda
ini bepergian.Roda depan yang begitu besar dirancang sedemikian rupa agar dapat
dibongkar-pasang menjadi 4 bagian agar dapat muat kedalam tas yang berfungsi
sebagai pengangkut sepeda. Beberapa pihak ada yg menyatakan bahwa inilah sepeda
lipat yang pertama di dunia. Namun sesungguhnya sistem yg diperkenalkan Grout
adalah bongkar-pasang (disassemble-able), bukan sepenuhnya sistem lipat.
.
1885:
Safety Bicycle
John Kemp Starley memperkenalkan
Rover, sebuah Safety Bicycle sebagai pembaharuan dari High Bicycle yg
berbahaya.Rover hasil karya Starley ini dianggap sangat inovatif dilihat daro
desain dan mekanisme penggerak sepeda.Sepeda Rover buatan Starley ini sudah
menggunakan roda depan dan belakang yang memiliki ukuran yang sama,berbeda
dengan sepeda sepeda sebelumnya yang memiliki ukuran roda depan lebih besar
dibanding roda belakang.desain sepeda dengan ukuran ban yang sama ini
memudahkan para pengguna sepeda dalam penggunaannya karena lebih stabil
dibanding sepeda dengan ukuran ban depan yang lebih besar dibanding ban
belakang.selain itu Model safety bike ini sudah dilengkapi dengan berbagai
unsur yg dimiliki sepeda modern.
1893:
Folding
Seorang Amerika bernama Michael B.
Ryan akhirnya mematenkan sepeda lipat yg sesungguhnya.berbeda dengan Portable
Bike,sepeda lipat hasil rancangan Ryan ini memiliki mekanisme pelipatan
seutuhnya tidak seperti Portable Bike yang lebih cenderung kedalam sistem
bongkar pasang dibandingkan sistem pelipatan.Pihak perancis juga mengakui
menemukan sepeda dengan sistem lipat pertama pada tahun 1896 saat Capt. Henry
Gerard dari resimen 87 menggunakan sepeda lipat untuk keperluan maneuver
militer.
1896:
Recumbent
Recumbent Bicycle ditemukan pertama
kali oleh seorang berkebangsaan Perancis bernama Charles Mochet,anaknya yang
bernama George Mochet dan seorang pesepeda bernama Francis Faure. Model
Recumbent adalah tipe sepeda dimana pengendara dapat duduk bersandar atau
bahkan dengan posisi rebahan. Umumnya sepeda Recumbent memiliki roda depan yang
lebih kecil dibandingkan dengan roda belakang.sepeda Recumbent ini dapat
dikemudikan dalam kecepatan yang cukup tinggi.
1900-1950:
Lowrider/cruiser Bike
Seorang produsen sepeda bernama
Schwinn di Chicago, mengeluarkan produk terbaru yaitu Schwinn Stingray.
Stingray dibuat menyerupai Dragster, salah satu tren motor yang sangat terkenal
pada masanya. Stingray telah membuat sepeda lebih menyenangkan dari sekedar alat
transportasi. Pada tahun 1964 George Barris yang didaulat Hollywood sebagai
“king custom” karena hasil karyanya yang banyak dipakai oleh Hollywood,
terinspirasi untuk memodifikasinya. Sepeda yang khusus dibuat untuk Eddie
Munster dalam acara “The Munsters”, adalah Monster Koach and Dracula. Mungkin
ini adalah momen yang berhasil didokumentasikan dalam sejarah sepeda Low Rider,
sebagai sebuah permulaan.
Sebuah grup yang terdiri dari
anak-anak muda latin (Chicanos) dari timur Los Angeles, menganggap modifikasi
yang dilakukan George Barris tidaklah cukup. Lalu mereka mengisi framenya
(membuat tangki), menambah tiang dan bendera, kaca spion, merupakan modifiksi
pertama yang mereka buat dan tentu saja merendahkan (ground clearance)
sepedanya. Membengkokkan garpu adalah hal yang sangat umum untuk merendahkan
sepeda pada saat itu.
Low Rider telah membuat cara pandang
orang berbeda terhadap sepeda. Pilihan dalam merancang (mendesain) style atau
tema yang diinginan tidak akan punya akhir. Namun pada awal ‘80an sepeda Low
Rider mengalami mati suri, sedangkan BMX dan sepeda-sepeda Freestyle (mountain
bike) menjadi pilihan utama produksi para produsen sepeda.
Walaupun Schwinn dan produsen sepeda
yang lain mengalihkan membuat sepeda-sepeda BMX dan freestyle, pasaran sepeda-sepeda
Low Rider klasik masih sangat diminati. Hanya sedikit sepeda Low Rider yang
berkeliaran di jalan pada masa mati suri itu dan kebanyakan hanyalah sepeda
Cruiser.
Pelan tapi pasti, Stingray klasik
menjadi sangat popular, hasilnya adalah sepeda Schwinn stingray klasik menjadi
langka dan mahal dipasaran.
Hasil dari gaya memperbaharui ini
telah membuka pintu bagi penerbit Low Rider Magazine Alberto Lopez , yang telah
menginvestasikan waktu dan uang untuk mengembalikan penampilan sepeda klasik.
Setelah beberapa bulan melakukan investigasi, Alberto tidak dapat membeli hak
paten Schwinn Stingray, jadi tinggal ada satu pilihan yang dapat dia lakukan,
membuat representasi dari Schwinn Stingray. Ini merupakan kelahiran dari Aztlan
Cruiser dan juga Low Rider Bicycle Inc, yang telah menjadi penyedia keperluan
suku cadang sepeda-sepeda Low Rider saat ini.
1960-1973:
BMX
Sepeda kembali diminati sbg alat
rekreasi & juga alat olahraga,di samping fungsi transportasi. Di era inilah
sepeda jenis BMX (Bicycle MotorCross) hadir dimuka bumi California, AS.Dan
diawal tahun 1960 jg menjadi awal pengembangan sepeda jenis Lowrider yg dpt
dibedakan dari bentuk sadel yang umumnya panjang & sedikit meliuk, stang yg
tinggi & panjang, rangka chrom yang curvy, serta berbagai macam aksesoris
lainnya.BMX atau
singkatan bicycle moto-cross.Pertama kali muncul pada awal tahun 1970-an ketika
anak-anak di daerah California selatan ini memulai membalap sepeda mereka di
lintasan tanah, terinspirasi dari bintang motocros pada saat itu.
Ukuran dan ketersediaan model design oleh Schwin yang dinamai Schwin Sting Ray membuatnya dijadikan pilihan sepeda yang sesuai, hanya karena didesain mudah untuk dipakai dan keseuaian penampilan dan kemampuan sebagai Sepeda BMX.
Lomba BMX sangat fenomenal pada pertengahan tahun 1970. Saat itu masih mengadopsi lomba offroad (lintasan tanah).
Pada pertengahan dekade, olahraga ini mulai dikenal dan banyak produsen yang tertarik untuk mulai memproduksinya. George E. Esser yang mendanai National Bicycle League sebagai organisasi non-profit sepeda. Sebelum dia mempersiapkan NBL,
George dan istrinya, Mary, mengadakan perlombaan dengan American Motocross Association. Dua putra mereka, Greg dan Brain, membalap sepeda motor, tetapi juga menikmati membalap BMX.
Adalah kedua anak mereka yang menginspirasinya bahwa pada saat itu belum ada organisasi BMX, itu membuat George untuk memulai NBL di Florida.
Pada tahun 1977, American Bicycle Association (ABA) merupakan badan organisasi nasional yang bertugas untuk menumbuhkan olahraga tersebut.
Pada April 1981, Federasi BMX International didirikan, Kejuaraan Dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1982. Sejak January 1993,
BMX berintegrasi menjadi Union Cycliste Internationale. BMX Freestyle adalah ajang kompetisi tahunan di Summer X Games Extreme dan Etnies, diselenggarakan besar-besaran di dua negara bagian Amerika Serikat.
Popularitas olahraga tersebut kini meningkat mengacu dari kemudahan dan ketersediaan tempat dan trik dari olahraga terseut yang cukup menarik.
Pada tahun 2003, the Komite Olimpiade International menetapkan BMX sebagai 'olahraga Olimpiade' pada tahun 2008 di Beijing, China. Adalah Maris Stromberg (pemuda dari Latvia) dan Anne-Caroline Chausson (gadis asal Perancis) telah dinobatkan sebagai Juara Olimpiade pertama.
Ukuran dan ketersediaan model design oleh Schwin yang dinamai Schwin Sting Ray membuatnya dijadikan pilihan sepeda yang sesuai, hanya karena didesain mudah untuk dipakai dan keseuaian penampilan dan kemampuan sebagai Sepeda BMX.
Lomba BMX sangat fenomenal pada pertengahan tahun 1970. Saat itu masih mengadopsi lomba offroad (lintasan tanah).
Pada pertengahan dekade, olahraga ini mulai dikenal dan banyak produsen yang tertarik untuk mulai memproduksinya. George E. Esser yang mendanai National Bicycle League sebagai organisasi non-profit sepeda. Sebelum dia mempersiapkan NBL,
George dan istrinya, Mary, mengadakan perlombaan dengan American Motocross Association. Dua putra mereka, Greg dan Brain, membalap sepeda motor, tetapi juga menikmati membalap BMX.
Adalah kedua anak mereka yang menginspirasinya bahwa pada saat itu belum ada organisasi BMX, itu membuat George untuk memulai NBL di Florida.
Pada tahun 1977, American Bicycle Association (ABA) merupakan badan organisasi nasional yang bertugas untuk menumbuhkan olahraga tersebut.
Pada April 1981, Federasi BMX International didirikan, Kejuaraan Dunia pertama diselenggarakan pada tahun 1982. Sejak January 1993,
BMX berintegrasi menjadi Union Cycliste Internationale. BMX Freestyle adalah ajang kompetisi tahunan di Summer X Games Extreme dan Etnies, diselenggarakan besar-besaran di dua negara bagian Amerika Serikat.
Popularitas olahraga tersebut kini meningkat mengacu dari kemudahan dan ketersediaan tempat dan trik dari olahraga terseut yang cukup menarik.
Pada tahun 2003, the Komite Olimpiade International menetapkan BMX sebagai 'olahraga Olimpiade' pada tahun 2008 di Beijing, China. Adalah Maris Stromberg (pemuda dari Latvia) dan Anne-Caroline Chausson (gadis asal Perancis) telah dinobatkan sebagai Juara Olimpiade pertama.
1977:
Mountain bike
Sepeda gunung atau (All Terrain Bike/ATB) adalah sepeda yang
digunakan dalam medan yang berat. Pertama kali diperkenalan di tahun 1970, oleh
pemakai sepeda di perbukitan San Fransisco.
Sejak saat itu dunia mengenal sepeda gunung ini. Ciri-cirinya adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan menggunakan shock breaker-peredam kejut. Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Sepeda gunung memiliki 18-27 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya. Sepeda gunung dengan 27 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 9 piringan. Sehingga 3 x 9 = 27 tingkat kecepatan yang berbeda.
Sejak saat itu dunia mengenal sepeda gunung ini. Ciri-cirinya adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan bahan komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan menggunakan shock breaker-peredam kejut. Sedangkan ban yang dipakai adalah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Sepeda gunung memiliki 18-27 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya. Sepeda gunung dengan 27 gear berarti memiliki crankset depan dengan 3 piringan dan cassette sprocket dengan 9 piringan. Sehingga 3 x 9 = 27 tingkat kecepatan yang berbeda.
1977: Fixie Bike (Fixed gear)
Pada prinsip sepeda fixie adalah
sepeda dengan “gear mati” alias fixed gear atau tidal free wheel. Base sepeda
ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike) dan simple, tanpa gear shift
bahkan handle brake (rem). Sepeda fixie adalah sepeda yang digunakan kaum
pengantar pos/koran/majalah, yang biasa dikenal dengan kurir di wilayah
amerika, persisnya di New York.
Mereka mengalami masalah lead time
pada saat mengirimkan paket mereka karena kondisi kota New York yang begitu
padat. Makanya mereka memilih sepeda sebagai alternative utama, dan hasilnya
memuaskan dengan lead time delivery berkurang dan pengiriman yang jauh lebih
cepat. Fixie bike, yang menggunakan fixed gear, akan membuat ayunan pedal terus
berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga untuk melakukan
pengereman, maka si pengendara harus mengurangi putaran pedal dengan cara gaya
melawan arah putaran pedal atau biasa disebut dengan sistem “door trape”. Hal
ini sangat berbahaya untuk orang yang tidak terbiasa, karena pada saat melewati
jalan menurun, maupun berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda akan
terus melaju dengan kencang. Biasanya perbandingan gigi (gear ratio) depan dan
belakang juga besar
Komentar
Posting Komentar